Pesantren Yg Boleh Bawa Hp

Oh iya ini penting bagi saya. Ketua Umum Pimpinan Pusat Syarikat Islam H Amrullah Ahmad mengatakan persoalan Pondok Pesantren Al Zaitun Indramayu Jawa Barat yang diduga terkait dengan Gerakan Negara Islam Indonesia NII.


5 Pondok Pesantren Di Jakarta Selatan Yang Terkenal Info Pondok Pesantren

Boleh kalau tidak ketahuan.

Pesantren yg boleh bawa hp. Wallahualam Humas Pesantren Al-Wafa Bekasi. Kalau di pesantren biasanya ga boleh bawa hp dan pakai hp. Kalau sudah terlanjur bawa.

Waalaikusalam dek putri yang di rahmati allah swt. Membawa hp di pesantren itu hukum asalnya haram atau tidak di perbolehkan namun hukum tersebut bisa menjadi mubah boleh dengan beberapa syarat. Mandi kramas dan.

Pesantren bebas bisnis online bebas berekspresi bebas menyalurkan bakat bebas polusi dekat gunung dan laut bebas biaya bagi yatim dan dhuafa berprestasi. Malah rata-rata disemua pondok pesantren pasti ga ngebolehin bawa HP. Sebelumnya mohon maaf trit ini bukan untuk tujuan Sara provokasi atau hal2 negatif lainnya trit ini ane buat karena banyaknya kontroversi dari buku2 yg ane baca mengenai Pesantren Al-Zaitun.

Viral HP Santri Dihancurkan Pakai Palu Melanggar Aturan Bawa HP di Pesantren. Membawa HP termasuk pelanggaran berat maka di lingkungan pesantren santri tidak diperkenankan membawa alat elektronik seperti HPradio. Kalau tidak percaya mending simak dulu rangkuman Hipwee Tips berikut ini.

4005 Likes 711 Comments – smartgram smartgram on Instagram. Dilarang membawa alat elektronik seperti HP MP3 Pemanas Air DLL _____ Barang-barang yang ditulis diatas bersifat kondisional sesuai kemampuan ekonomi para orangtuawali santri. Bagi masyarakat umum mandi adalah hal yg berbentuk privasi tapi tidak di sebuah pesantren di beberapa pesantren termasuk pesantren ane dlu ingat bebebrapa tidak keseluruhan seperti ini kamar mandinya cuma kaya bilik tps buat nyoblos dan itupun tanpa pintu jadi salling jejer so ketika yg ujung selesai ktika keluar agan bakal ngliat temen agan sedang.

Info Lengkap Pesantren Unggulan TAHFIDZ INTERNET OF THINGS DAN SCADA online ofline SMP IT dan SMK IT Islamic Boarding School Putra Putri Unggulan Terbaik Pavorit di Anyer Banten Jawa barat Indonesia Mau. Ketika liburan malah malas sholat. Pokoknya untuk kamu yang pernah nyantri pasti tahu banget lah peraturan ini.

Bayangkan dalam 24 jam satri ketemu orang yang sama tidak boleh keluar pondok tidak boleh bawa hp gawai harus bangun pagi buta untuk sholat tahajud semua sudah terjadwal gak ada bedanya dengan penjara. Kamu mungkin jadi 1 di antara banyaknya orang yang punya kebiasaan main HP saat lagi nongkrong di kamar mandi. Padahal kebiasaan tersebut menyimpan sederet fakta pahit yang mungkin bisa membuatmu kapok buat bawa-bawa HP ke WC lagi.

Syarat membawa HP di pesantren. Boleh bawa HP. BARANG BARANG YANG TIDAK BOLEH DI BAWA.

Sudah siap buat belajar dan ngaji di Pesantren. Kaos bergambar atau yang bertuliskan tidak senonoh. Pengurus Menjadi pengurus pondok pesantren menjadi syarat pertama untuk di perbolehkan membawa hp.

Hp walkman radio laptop netbook kamera ipad. Jadi nunggu 3thun lagi yah dek. Bendaa benda elektronik seperti.

Jelana jeans celana pensil dan celana pendek. Aku juga pernah jadi santri dan menurutku peraturan tidak boleh bawa HP adalah suatu hal yang wajar. Sebenarnya boleh2 saja membawa HP membawa Laptop membawa i-phone dsb tapi pesantren luhur malang ini adalah pesantrennya MHASISWA dek.

Kalau mau nelp biasanya bisa minta tolong atau pinjam telp ustadustadzah di biro pengasuhan atau wali kelas. Kalian pasti gak menyangka ada PC Gaming yang dirancang semungil mungkin lalu didesain kelengkapan gamingnya juga seperti tombol L1L2 R1R2 bahkan Joysticknya. Kalau ketahuan ada takzir dan penghancuran HP masal di depan umum.

Di pesantren kami tidak diajarkan harus melanjutkan kuliah yang berbau agama seperti yang di film-film pesantren. Kalau sudah terlanjur bawa. Dalam rangka mencerdaskan para santri-santrinya pesantren kamu menerapkan kebijakan untuk tidak boleh membawa handphone dengan alasan agar para santrinya lebih konsentrasi dalam belajar.

Ini dia sekolah yang unik itu. Boleh bawa HP kak namun ketika pembelajaran tidak dipakai lalu untuk SMASMK mungkin bisa dari luar pesantren bisa di MAN 2 Bandung misalnya. Selain menjadi orang yang dibenci oleh santri.

Dalam rangka mencerdaskan para santri-santrinya pesantren ente menerapkan kebijakan untuk tidak boleh membawa handphone dengan alasan agar para santrinya lebih konsentrasi dalam belajar. Banyak teman saya yang kuliah di jurusan umum. Pesantren Bisnis Entrepreneurs Academy Berbasis Al-Quran dan Informasi teknologi Wajib Bawa LapTop dan HP android.

Apakah boleh bawa HP.

Read more

Pondok Pesantren Yang Bisa Bawa Hp

2ember bisa dibeli di perjalanan menuju pesantren 3gayung 4deterjen bagi yang tidak ikut loundry 5sikat baju 6spreisarung kasur 7bantal untuk cadangan 8bantal guling jika mau 9baju tidur jika mau 10sarung 11selimut 12baju gamis 1-2 buah 13baju koko 2-3 buah 14kaos polos 6 buah 3 hitam 3 putih ikhwan 15gelas 16. Saya kira semua pondok modern juga menerapkan peraturan yang sama ujar akun.


Viral Ratusan Hp Santri Dihancurkan Pakai Palu Netizen Awam Diminta Tahan Komentar Okezone Muslim

Ketahuan Bawa HP ke Pesantren Santriwati Menjerit Dihukum Hancurkan HP Sampai Berasap Selasa 20 April 2021 1302 WIB 20 April 2021 1302 WIB INDOZONEID – Sudah merupakan aturan umum pada pondok pesantren dimana santri dan santriwati dilarang membawa handphone.

Pondok pesantren yang bisa bawa hp. Kamu yang notabene pergi ke sekolah biasa pun bisa menikmatinya p. Ponpes ini didirikan sejak tahun 1862 oleh KH Muhammad Soleh atau sekitar 300 tahunan lalu. Awalnya aku ragu-ragu mau beli HP Nokia itu karna kalo sampe ketauan sama ustadz bisa-bisa HPnya di banting di depan muka.

Bawa HP ke sekolah Ingat nggak sih kalian sama video saat ponsel santri dirusak pakai palu oleh guru mereka bawa ponsel ke sekolah bawa gadget ke sekolah melarang para murid bawa HP penyalahgunaan ponsel larangan bawa hp ke sekolah mengapa murid dilarang Bawa HP ke sekolah alasan murid dilarang Bawa HP ke sekolah dampak bawa hp ke sekolah efek negatif Bawa HP. Aku lulusan pondok pesantren selama 6 tahun sudah sangat lama sekali. Pesantren Bisnis Entrepreneurs Academy Berbasis Al-Quran dan Informasi teknologi Wajib Bawa LapTop dan HP android.

Untuk itu demi menunjang kegiatan dan seluruh aktivitas tersebut ada beberapa persiapan atau barang. Tak diketahui dimana lokasi pesantren tersebut. Pertama kali mendengar pastinya setiap orang akan tertawa dan berkata hahaha masak sudah kuliah gak boleh bawa HP Kalo saya saya setuju dengan peraturan tersebut Karena adanya.

Ini di pondok kakak sekalian di ponorogo kebetulan di pondok saya dulu menimba ilmu 6 tahun beliau yg mengeksekusi ustadz saya dulu. Yang dimaksud dengan basis pondok pesantren berbeda dengan yang berbasis asrama bedanya adalah jika berbasis pondok pesantren pasti mengandung basis asrama. June 25 2019.

Seluruh Santri Dilarang Keluar Setelah Waktu Maghrib Tiba. Oleh karena itu jika sobat mencari pondok pesantren yang boleh bawa hp maka sobat tidak akan pernah menemukannya. Dan Aturan Makan 3x Sehari.

1Pas Baru Datang di Hari Pertama Kamu Excited Banget. Begini jadinya kalau bawa hp ke Pondok Pesantren. Namun jangan dikira pondok pesantren modern memperbolehkan santrinya untuk membawa hp.

Aku lumayan dekat dengan pondok pesantren dan sering jg main ke ponpes lain. Pesantren bebas bisnis online bebas berekspresi bebas menyalurkan bakat bebas polusi dekat gunung dan laut bebas biaya bagi yatim dan dhuafa berprestasi. Diposting oleh Unknown di 1355.

Kalau di pesantren biasanya ga boleh bawa hp dan pakai hp. BARANG BARANG YANG TIDAK BOLEH DI BAWA. Namun sebagaimana dihimpun videonya diunggah oleh akun Facebook Eva Kendedes Halilintar di.

Tergantung kebijakan pondoknya. Sejak dulu sampai sekarang Pondok Pesantren Benda Kerep masih mempertahankan budaya. Ini dia sekolah yang unik itu.

Kirimkan Ini lewat Email BlogThis. Hp walkman radio laptop netbook kamera ipad. Misalnya gini temen aku sebut saja Mike diam-diam membawa HP ke pesantren.

Pesantren yang sudah mencetak ribuan alumni ini sudah menghadirkan pendidikan kolaborasi antara salaf dan modern. Banyak wali santri yang bertanya barang bawaan yang perlu dibawa dan boleh dibawa oleh santri ketika masa belajar di Pondok Pesantren Asy-Syarifiy Pandanwangi-Lumajang. Baik Akademik Keamanan Administrasi dll Makan Wajib Didalam Karena Nasi Stand By 24 Jam.

Santri Wajib Bangun Pukul 0400 WIB. Dampaknya ga cuma ke si pelanggar aja tapi juga menyebar ke semua santri. INI SEMUA BERDASARKAN PENGALAMAN KRU SA3HY YG JUGA DULU PERNAH TINGGAL DI PONDOK PESANTREN.

Beberapa Pondok ada yang mewajibkan sekolah menggunakan Sepatu ada yang tidak. Didirikan di tanah wakaf dari Pangeran Sugih atau Suria Kusumah Adinata. Memang di pondok tidak boleh mrmbawa hp jadi konsekuensi apapun harus diterima bukan hanya di sekolah tapi juga diasrama.

Ada pertanyaan begini. Pesantren yang di dirikan oleh Syech Asyrofuddin pada tahun 1846 ini merupakan salah satu pesantren tertua yang ada di Sumedang. Santri Wajib Mengikuti Sholat Berjamaah.

Dalam artikel ini Hipwee bakal memuntahkan segala cerita soal suka-duka anak pesantren dan sekolah berasramaNggak cuma buat alumni boarding school aja lho. PERATURAN PONDOK PESANTREN TERPADU AR-RAAID Santri Wajib Mengikuti Semua Aturan yang Ditetapkan PPT Ar-Raaid. Motor dan mobil pun tidak bisa masuk pesantren tersebut ujarnya.

Mengingat pesantren adalah rumah barunya untuk belajar dan beraktivitas. Serius beberapa temen aku yang ketahuan bawa HP pasti endingnya tragis. HerbalkuTakalar HotNews BeritaTerbaru BeritaAktual InfoTerbaru InfoTerkini InfoAktual BeritaViral BeritaTrending.

Kalau mau nelp biasanya bisa minta tolong atau pinjam telp ustadustadzah di biro pengasuhan atau wali kelas. Yang namanya santri itu di tuntut untuk belajar bukan untuk bermain hp. Tapi sebelum ke jawaban ingin saya ingatkan bahwa tidak semua pesantren begini bahkan ada banyak yang memang sudah sangat baik.

Read more

Pondok Pesantren Yg Boleh Bawa Hp

Berikut daftar hal wajib yang perlu disiapkan terutama untuk santri putra. Didirikan di tanah wakaf dari Pangeran Sugih atau Suria Kusumah Adinata.


Gugus Tugas Covid 19 Larang Pesantren Buru Buru Dibuka

Pesantren Bisnis Entrepreneurs Academy Berbasis Al-Quran dan Informasi teknologi Wajib Bawa LapTop dan HP android.

Pondok pesantren yg boleh bawa hp. Sering kali peraturannya memang ketat banget salah satunya adalah dilarang bawa HP untuk digunakan secara bebas sehari-hari Ilustrasi kehidupan santri Credit. Santri yang sakit atau berobat hanya boleh di bawa atau berobat bersama kesehatan kecuali ada izin dari pihak yang berwenang. Wallahualam Humas Pesantren Al-Wafa Bekasi.

Malah rata-rata disemua pondok pesantren pasti ga ngebolehin bawa HP. Boleh kalau tidak ketahuan. Santri yang sakitjika melebihi dari 3 hari maka boleh di bawa pulang setelah di bawa ke rumah sakit atau di bawa periksa oleh kesehatan kecuali ada faktor utama yang menyebabkan wajib di bawa pulang.

Pesantren yang di dirikan oleh Syech Asyrofuddin pada tahun 1846 ini merupakan salah satu pesantren tertua yang ada di Sumedang. Baju koko atau Gamis Baju koko ini wajib disiapkan. Bendabenda elektronik seperti hp walkman radio laptop netbook kamera ipad.

June 25 2019. Namun jangan dikira pondok pesantren modern memperbolehkan santrinya untuk membawa hp. Seluruh Santri Dilarang Keluar Setelah Waktu Maghrib Tiba.

Nah ada kebijakan khas pesantren yang harus diikuti oleh semua santri. Mengingat pesantren adalah rumah barunya untuk belajar dan beraktivitas. Oh iya ini penting bagi saya.

HerbalkuTakalar HotNews BeritaTerbaru BeritaAktual InfoTerbaru InfoTerkini InfoAktual BeritaViral BeritaTrending. Sejak dulu sampai sekarang Pondok Pesantren Benda Kerep masih mempertahankan budaya leluhurnya dan seolah mengisolasi diri dari pengaruh luar. Jika bawa maka biasanya akan di sita pondok.

Kalau ketahuan ada takzir dan penghancuran HP masal di depan umum. Banyak teman saya yang kuliah di jurusan umum. Seperti yang saya alami saya merupakan salah seorang santri di salah satu pondok pesantren ternama di Kota Jogja dan saya pun mempunyai HP.

Perlengkapan di Pondok Pesantren 1. Di beberapa pesantren memang diterapkan peraturan santri tak boleh membawa HP dengan tujuan agar mereka fokus menuntut ilmu agama. Ada pertanyaan begini.

Santri Wajib Mengikuti Sholat Berjamaah. Ketahuan Bawa HP ke Pesantren Santriwati Menjerit Dihukum Hancurkan HP Sampai Berasap Selasa 20 April 2021 1302 WIB 20 April 2021 1302 WIB INDOZONEID – Sudah merupakan aturan umum pada pondok pesantren dimana santri dan santriwati dilarang membawa handphone. Baik Akademik Keamanan Administrasi dll Makan Wajib Didalam Karena Nasi Stand By 24 Jam.

Dan Aturan Makan 3x Sehari. Pokoknya untuk kamu yang pernah nyantri pasti tahu banget lah peraturan ini. Pesantren yang sudah mencetak ribuan alumni ini sudah menghadirkan pendidikan kolaborasi antara salaf dan modern.

Santri Wajib Bangun Pukul 0400 WIB. Persiapan untuk santri putri agak mirip-mirip beda di perlengkapan sholat baju dan celana panjang. Aturannya sangat ketat santri dilarang bawa HP.

Contohnya seperti yang tampak dalam video yang diunggah oleh akun Instagram santriajaib. Apakah boleh bawa HP. Di pesantren kami tidak diajarkan harus melanjutkan kuliah yang berbau agama seperti yang di film-film pesantren.

Mulai dari menjaga lingkungan sekitar pesantren yang tak boleh merusak alam dan pepohonan sampai pada pengajaran sistem pendidikan yang masih tradisional Sunda. Dilarang membawa alat elektronik seperti HP MP3 Pemanas Air DLL _____ Barang-barang yang ditulis diatas bersifat kondisional sesuai kemampuan ekonomi para orangtuawali santri. Begini jadinya kalau bawa hp ke Pondok Pesantren.

Jika ketahuan menyimpan gadget maka itu akan disita bahkan bisa saja dihancurkan. Banyak wali santri yang bertanya barang bawaan yang perlu dibawa dan boleh dibawa oleh santri ketika masa belajar di Pondok Pesantren Asy-Syarifiy Pandanwangi-Lumajang. PERATURAN PONDOK PESANTREN TERPADU AR-RAAID Santri Wajib Mengikuti Semua Aturan yang Ditetapkan PPT Ar-Raaid.

Oleh karena itu jika sobat mencari pondok pesantren yang boleh bawa hp maka sobat tidak akan pernah menemukannya. Pesantren bebas bisnis online bebas berekspresi bebas menyalurkan bakat bebas polusi dekat gunung dan laut bebas biaya bagi yatim dan dhuafa berprestasi. Yang namanya santri itu di tuntut untuk belajar bukan untuk bermain hp.

Ini dia sekolah yang unik itu. BARANG BARANG YANG TIDAK BOLEH DI BAWA. So mereka gak ada tuh main-main game selfie-selfie narsis di Instagram FB chat-chat pake WA atau LINE.

Akan tetapi sistem di ponpes ini melarang para santrinya untuk membawa dan mengoperasikan HP padahal ponpes ini selalu membawa-bawa label modern dan berkemajuan. Aku juga pernah jadi santri dan menurutku peraturan tidak boleh bawa HP adalah suatu hal yang wajar. Untuk itu demi menunjang kegiatan dan seluruh aktivitas tersebut ada beberapa persiapan atau barang.

Jelana jeen dan celana pendek n. Kaos bergaambar ataau yang bertuliskaan tidak senono llengaan pendek. 6baju yang ketat ikhwan akhwat 7gamis akhwat yang warna-warni terlalu banyak corak 8semirpewarna rambut 9.

Read more

Apakah Pesantren Boleh Bawa Hp

Di pesantren kami tidak diajarkan harus melanjutkan kuliah yang berbau agama seperti yang di film-film pesantren. Kalau di pesantren biasanya ga boleh bawa hp dan pakai hp.


Tepergok Bawa Hp Santri Babak Belur Dipukuli Ustaz Ponpes Di Tangsel Suara Jakarta

Soal kesibukan di waktu kerja atau kuliah pihak pesantren.

Apakah pesantren boleh bawa hp. Demikian pula begitu banyak kiai besar yang bawa HP dan tidak perlu saya sebutkan karena sudah banyak yang tahu. About Press Copyright Contact us Creators Advertise Developers Terms Privacy Policy Safety How YouTube works Test new features Press Copyright Contact us Creators. Barangkali karena jalannya Sidang MK dalam sengketa Pilpres 2019 berjalan layaknya tim yang diasuh Jose Mourinho.

Emak saya yang doanya ampuh bagi saya juga tidak bawa HP dan seabreg orang desa yang tidak bawa HP. Didirikan di tanah wakaf dari Pangeran Sugih atau Suria Kusumah Adinata. Bukan hanya pondok pesantren saja yang memberlakukan peraturan tidak boleh membawa hp setiap yayasan pendidikan pasti memberlakukannya juga.

Tergantung kebijakan pondoknya. Laotop HPTelepon tidak boleh dibawa ke dalam asrama atau tempat yang dilarang jauh dari pengawasan keramaian santri. Jelana jeen dan celana pendek n.

Kalau tidak percaya mending simak dulu rangkuman Hipwee Tips berikut ini. Saking nggak bisa jauh dari HP banyak di antara kita yang selalu membawanya ke mana pun kita pergi termasuk ke dalam toilet. BARANG BARANG YANG TIDAK BOLEH DI BAWA.

Seluruh Santri Dilarang Keluar Setelah Waktu Maghrib Tiba. Ketika kamu membawa HP ke dalam toilet sama saja membuat HP-mu tertempel kuman dan. Bendabenda elektronik seperti hp walkman radio laptop netbook kamera ipad.

Pesantren Bisnis Entrepreneurs Academy Berbasis Al-Quran dan Informasi teknologi Wajib Bawa LapTop dan HP android. Kamu yang notabene pergi ke sekolah biasa pun bisa menikmatinya p. Apakah boleh bawa HP.

Laptop HPTelepon untuk santri hanya dapat dipakai pada jam dan tempat yang telah ditentukan dengan pengawasan Wali Asrama. Terus semuanya nge-charge HP. Ada satu hal yang mengganjal di hati saya apa hukum menyimpan aplikasi al-Quran di hp mengingat hp adalah barang yang selalu saya bawa kemana-mana bahkan ke kamar kecil.

MOJOKCO Ribut dan viralnya hp santri yang dihancurin pakai palu oleh pengurus pondok memang asyikSaking asyiknya kita jadi lupa konteks sosialnya apa. Santri Wajib Bangun Pukul 0400 WIB. Kalau mau nelp biasanya bisa minta tolong atau pinjam telp ustadustadzah di biro pengasuhan atau wali kelas.

PERATURAN PONDOK PESANTREN TERPADU AR-RAAID Santri Wajib Mengikuti Semua Aturan yang Ditetapkan PPT Ar-Raaid. Bikin cuci tangan sia-sia. Pesantren yang sudah mencetak ribuan alumni ini sudah menghadirkan pendidikan kolaborasi antara salaf dan modern.

Baik Akademik Keamanan Administrasi dll Makan Wajib Didalam Karena Nasi Stand By 24 Jam. Biasanya kalau mau BAB banyak orang bawa HP buat sekadar baca berita nonton Youtube atau dengerin lagu biar nggak bosen aja. Kalau enggak bawa HP kita bakal lebih memaksimalkan waktu untuk belajar nggak keganggu hal2 yang lain.

Padahal kebiasaan tersebut menyimpan sederet fakta pahit yang mungkin bisa membuatmu kapok buat bawa-bawa HP ke WC lagi. Kaos bergaambar ataau yang bertuliskaan tidak senono llengaan pendek. Dalam artikel ini Hipwee bakal memuntahkan segala cerita soal suka-duka anak pesantren dan sekolah berasramaNggak cuma buat alumni boarding school aja lho.

Membosankan dan gitu-gitu aja netizen Indonesia tampaknya menemukan perburuan baru untuk jadi bahan baku tubir. Oh iya ini penting bagi saya. Santri Wajib Mengikuti Sholat Berjamaah.

Ini dia sekolah yang unik itu. Banyak teman saya yang kuliah di jurusan umum. Namun ada saja santri atau siswa yang melanggar peraturan tersebut.

Malah beliau Mbah Jad bilang jika HP sama dengan menceti setan tentu ini sindiran bagi yang menyalahgunakan HP. Saya juga dulu kuliah sambil nyantri di ponpes udah kerja pun masih nyantri asal bisa membagi waktu aja dan terpenting kita harus meminta kebijakanizin dulu ke pimpinan ponpesnya. Pesantren yang di dirikan oleh Syech Asyrofuddin pada tahun 1846 ini merupakan salah satu pesantren tertua yang ada di Sumedang.

Selasa 6 Januari 2015 0501 WIB. السلام عليكم ورحمة الله وبركات. About Press Copyright Contact us Creators Advertise Developers Terms Privacy Policy Safety How YouTube works Test new features Press Copyright Contact us Creators.

Bisa asal bisa membagi waktu antara kuliah dan pesantren malah ada lembaga pendidikan yang menyediakan kuliah dan pesantren jadi bisa dua-duanya dapat. Bolehkah Membawa HP Berisi Aplikasi Al-Quran ke Toilet. Kalau ketahuan ada takzir dan penghancuran HP masal di depan umum.

Santri tidak diizinkan SMSmenerimamenelepon pada malam hari kecuali ada izin pimpinan pesantren. Boleh kalau tidak ketahuan. Ya wajar sih kalo diberlakuin peraturan gak boleh bawa hape di pesantren kan demi kebaikan santrinya juga biar bisa fokus menghafal mengkaji sama menerapkan isi Al-Quran dalam keseharian.

Bayangkan kalau setiap santri bawa HP. Jika bawa maka biasanya akan di sita pondok. 1Pas Baru Datang di Hari Pertama Kamu Excited Banget.

Santri di HK itu buannyyyaaak. Pesantren bebas bisnis online bebas berekspresi bebas menyalurkan bakat bebas polusi dekat gunung dan laut bebas biaya bagi yatim dan dhuafa berprestasi. Dan Aturan Makan 3x Sehari.

Itu yang ngejual hp via OLX kayanya santri newbie deh rul. Kamu mungkin jadi 1 di antara banyaknya orang yang punya kebiasaan main HP saat lagi nongkrong di kamar mandi.

Read more